Analisis Anggaran Nasional (AAN) merupakan inisiatif masyarakat sipil untuk menguji kualitas kebijakan (examining), mengukur komitmen pemerintah pusat (measuring) dan menelaah efektivitas realisasi anggaran terhadap perbaikan tata kelola hutan dan lahan di Indonesia (analyzing).

Kajian terhadap kebijakan dan anggaran tersebut dititik beratkan kepada sektor kehutanan, pertambangan, perkebunan, penataan ruang dan lingkungan hidup sebagai elemen utama dari tata kelola hutan dan lahan. Setiap tahun pemerintah telah mengambil manfaat dari eksploitasi sumber daya alam sebagai salah satu kontributor pendapatan dalam skema Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yang diikuti dengan kebijakan sektoral melalui kementerian dan lembaga negara terkait sebagai instrumen pengaturan maupun pengelolaan untuk merespon dampak yang timbul.

Studi ini bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan kebijakan bagi Pemerintah, bahan evaluasi kebijakan bagi DPR, dan materi dialog kebijakan bagi Kelompok Masyarakat Sipil dalam aspek tata kelola anggaran sektor hutan dan lahan. Pada awalnya dikemas sebagai instrument pengawasan oleh kelompok masyarakat sipil terhadap kualitas implementasi kebijakan sektor hutan dan lahan di Indonesia. Mengingat peluang komunikasi masyarakat sipil kepada pemerintah secara lebih intensif mulai terbuka, maka hasil studi juga bermanfaat untuk dirumuskan menjadi bahan dialog kebijakan yang lebih konstruktif melalui pendekatan constructive engagement.

Selain itu, hasil studi juga bermanfaat bagi DPR untuk menguji atau mengevaluasi kualitas kebijakan pemerintah terkait sektor hutan dan lahan secara berkala. Manfaat lain yang diharapkan dari hasil studi ini adalah untuk menjadi pelengkap rujukan maupun pemantik studi lanjutan bagi think tank organization dan akademisi.

comments